Siddiq Amanah Tabligh dan Fathanah





Terpilihnya capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka melalui penetapan oleh KPU dan pelantikan pada 20 Oktober 2024 nanti telah menjadi sejarah baru bagi Republik Indonesia. 

Lalu seperti apa pemimpin yang diinginkan oleh umat Islam?

Tentu tauladan yang dijadikan contoh pemimpin bagi umat Islam adalah nabi Muhammad SAW. 

ada 4 sifat pemimpin yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

1. Shiddiq  صديق

Shiddiq adalah benar atau jujur. Lawan katanya adalah kidzib atau bohong.  jujur tertuang dalam AL-QUR'AN sesuai firman Allah SWT dalam surah Al Ahzab ayat 70 Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar.

2. Amanah امانة

Amanah artinya terpercaya atau dapat dipercaya. Lawan kata amanah adalah khiyanah atau berkhianat.
Di dalam Al Qur'an surah Al Ahzab : 72  Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya kami telah menawarkan amanah kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, tetapi semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir tidak akan melaksanakannya (berat). Lalu dipikullah amanah itu oleh manusia.

3. Tabligh تبليغ

Tabligh artinya menyampaikan atau menyampaikan segala sesuatu yang benar kepada orang lain. Allah berfirman dalam surah Al Maidah ayat 67 " hai rasul sampaikanlah apa yang diturunkan kepadamu dari tuhanmu.

4. Fathanah فطانة

Fathanah artinya orang yang pandai atau cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah pandai dalam mengambil hikmah dari  setiap pelajaran Al-Qur'an.
Sesuai dengan ayat Alquran "Allah menganugerahkan hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al-Qur’an dan As Sunnah) kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang–orang yang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).” (QS. Al Baqarah: 269).

Posting Komentar untuk "Siddiq Amanah Tabligh dan Fathanah"